BeritaPublik, Jakarta – layanan kesehatan EMC memperkuat kemitraan dengan PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia (Mandiri Inhealth) melalui program digitalisasi. Hal ini sejalan dengan komitmen kedua belah pihak dalam menerapkan bisnis berkelanjutan berdasarkan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance).
Program digitalisasi layanan ini terdiri dari menghubungkan aplikasi kedua institusi melalui Application Programming Interface, sehingga proses yang berkesinambungan menjadi lebih cepat, tepat, efektif, efisien dan real time. Program ini telah terintegrasi di 8 rumah sakit EMC yaitu EMC Alam Sutera, EMC Cibitung, EMC Cikarang, EMC Pekayon, EMC Pulomas, EMC Sentul dan EMC Tangerang.
Penandatanganan konsolidasi kerjasama digitalisasi layanan diwakili oleh Jenni Wihartini selaku Direktur Operasional Mandiri Inhealth dan drg. Nailufar, MARS sebagai Direktur Penjualan dan Pemasaran EMC Healthcare di RS EMC Pekayon Kota Bekasi, Jawa Barat.
EMC Healthcare yang merupakan jaringan rumah sakit swasta di bawah naungan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) merupakan rumah sakit pertama yang menerapkan kolaborasi digitalisasi layanan dengan Mandiri Inhealth.
“Kami menyambut baik program digitalisasi yang dicanangkan Mandiri Inhealth, karena kami menyadari bahwa untuk bertahan menghadapi tantangan masa depan, transformasi digital adalah hal yang utama,” ujarnya kepada BeritaPublik, Kamis (09/05/2024).
Nailufar mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi alur dan proses pelayanan kesehatan agar lebih cepat, mudah, transparan dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pasien EMC Healthcare yang diasuransikan oleh Mandiri Inhealth Insurance.
“Agar pelayanan dapat diberikan dengan cepat, akurat, efisien dan efektif serta kami dukung semuanya sehingga menjadi prosedur paperless. Tujuan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan keselamatan dan memaksimalkan kenyamanan pasien. ” jelasnya.
Menurut Nailufar, disrupsi digital terjadi di seluruh aspek kehidupan dan industri, termasuk sektor kesehatan dan keuangan. Tidak hanya sekedar memberikan layanan pelanggan yang prima, meningkatkan kemudahan dan kecepatan layanan, digitalisasi juga berdampak positif terhadap pencapaian kinerja LST.
Oleh karena itu, lanjut Nailufar, EMC Healthcare berkomitmen mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan dengan fokus pada keselamatan pasien, melalui delapan unit rumah sakit di wilayah Jabotabek.
“Sebagai bagian dari EMTEK Group, kami menyadari sepenuhnya bahwa transformasi digital merupakan salah satu kunci untuk bertahan menghadapi berbagai tantangan bisnis rumah sakit di masa depan. Untuk itu, kami berkomitmen tinggi untuk mewujudkan impian menjadi Digital Rumah Sakit,” jelasnya.